Alamat : JL. Brigjend H. Hasan Basri No.7, Banjarmasin. 70123

logo

Senin - Jum'at

07.30 - 16.15 WITA

logo

0511-3305054

Info@smkn4bjm.sch.id

07:30 - 16.15 WITA

Senin - Jum'at

Mengintip Sosok Kepala SMK Negeri 4 Banjarmasin yang Humble dengan Gebrakannya yang Extraordinary

Drs. Syafruddin Noor, M.Pd., diangkat menjadi Kepala SMK Negeri 4 Banjarmasin pada tahun 2015. Bungsu dari lima bersaudara ini lahir di Banjarmasin, 5 November 1966 dari pasangan H. Bustani dan Siti Aminah. Membangun keluarga bersama sang istri yang  bernama Astinah, beliau dikaruniai dua orang putri yang bernama Meilinda Aslinoor dan Annisa ramadhania.

Pak Syafruddin dikenal sebagai sosok yang disiplin, rajin, humble, terbuka, dan senang memberikan motivasi kepada orang lain. Berkat keaktifan dan komitmen yang tinggi dalam dunia kerja, kemampuan dan prestasi beliau tidak perlu diragukan lagi. Nah, berikut kami ulas tentang karier dan resolusi kinerja beliau sebagai Kepala SMK Negeri 4 Banjarmasin.

 

Riwayat Pendidikan

Pak Syafruddin menempuh Pendidikan dasar di SD Rajawali Banjarmasin (1974-1980), SMP PGRI 2 Banjarmasin (1980-1983), dan SMAN 7 Banjarmasin (1983-1986) dengan mengambil Jurusan IPS. Berangkat dari hobi beliau yang senang membaca buku, sastra, dan novel maka Beliau melanjutkan Pendidikan S-1 di FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (1986-1992) untuk jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian pada jurusan dan fakultas yang sama menyelesaikan gelar S-2 pada tahun 2010.

 

Perjalanan Karier

  • Tahun 1995 s.d. 2002 sebagai guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kuala Kapuas
  • Tahun 2002 mutasi ke SMA Negeri 11 Banjarmasin dan menjadi ketua MGMP
  • Tahun 2012 menjadi guru di SMKN 4 Banjarmasin. Selama menjadi guru juga pernah menjabat sebagai kepala perpustakaan (2013) dan sebagai tim pengembang kurikulum (2014)
  • Tahun 2012 menjadi sekretaris IGI Banjarmasin
  • Tahun 2015 s.d. sekarang diangkat menjadi kepala SMK Negeri 4 Banjarmasin
  • Tahun 2015 s.d. 2020 menjadi Ketua IGI Kota Banjarmasin
  • Tahun 2021 menjadi Ketua Wilayah IGI Provinsi Kalsel.

Pengalaman

  • Tahun 2014 ke singapura, Malaysia, dan Thailand untuk melakukan studi banding
  • Tahun 2017 ke Thailand bersama siswa untuk MOU pertukaran pelajar
  • Tahun 2019 ke Korea melakukan studi banding tentang kebudayaan di sana.

Gebrakan-Gebrakan Selama Menjabat Sebagai Kepala Sekolah di SMKN 4 Banjarmasin

Mendapatkan bantuan khusus dari pemerintah secara berkelanjutan bukanlah perkara yang mudah, karena kepala sekolah sebagai penanggung jawab penerima bantuan wajib menggunakan bantuan tersebut sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Berikut merupakan gebrakan kemajuan SMK Negeri 4 Banjarmasin selama Pak Syafruddin menjabat sebagai Kepala Sekolah.

  1. Sebagai SMK rujukan tahun 2014-2017 selama itu banyak mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana sekolah antara lain pada tahun 2016 mendapatkan bantuan untuk renovasi kelas, bantuan untuk renovasi ruangan kepala sekolah dan TU.
  2. Tahun 2017 mendapat bantuan untuk renovasi edotel, juga menerima bantuan alat praktik untuk jurusan boga
  3. Tahun 2017 s.d. 2019 menjadi SMK Revitalisasi
  4. Tahun 2018 mendapatkan bantuan RPS untuk boga dan kecantikan, serta mendapatkan bantuan  pembelajaran
  5. Tahun 2020 menjadi SMK COE (Center Of Excellence)
  6. Tahun 2021 menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan).

 

Resolusi di Tahun 2022

  1. Penguatan TEFA (Teaching Factory) atau Unit Produksi pada setiap jurusan yang ada di SMKN 4 Banjarmasin. Di dalamnya memiliki tim produksi, pemasaran, dan administrasi yang dilakukan oleh siswa.
  2. strategi sekolah yang akan dijalankan demi menghasilkan daya saing di dunia industri yaitu :
    a. Memperkuat program kelas industri dan guru tamu
    b. Melakukan kerjasama pembelajaran, kurikulum, dan peralatan serta sharing anggaran dengan            Industi
    c. IDUKA (Industri Dunia Kerja) berupa promosi produk, pemasaran produk, dan pengelolaan                  produk yang berstandar industri
  3. Program utama untuk membuat kelas industri atau membina hubungan baik dengan dunia industri mencakup bidang kurikulum dan peralatan yang sesuai dengan standar industri. Selain itu juga meningkatkan kompetensi guru-guru di SMKN 4 Banjarmasin. Untuk membuat kelas industri dilakukan berbagai persiapan antara lain:
    a. Seleksi Siswa baru sesuai dengan standar industri
    b. Guru-guru dimagangkan di industri
    c. Pembuatan administrasi dan peraturan yang sesuai dengan standar industri
  4. Penguatan BLUD (Badan Layanan Unit Daerah). SMKN 4 Banjarmasin diusulkan oleh pemerintah provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadi BLUD yang memiliki kewenangan dalam pengelolaan anggaran. Berdasarkan Unit Produksi yang dimiliki, SMKN 4 Banjarmasin dapat menggunakan anggaran yang diarahkan untuk mendukung penguatan pelayanan pembelajaran kepada siswa sesuai dengan rencana yang telah dibuat.Untuk persiapan BLUD, pihak sekolah telah menyusun berkas mulai bulan November 2021 hingga selesai pada awal Januari 2022 dan saat ini sedang menunggu proses pengesahannya dari pemerintah.
  5. Program sekolah unggul dan berprestasi. Penguatan yang dilakukan yaitu menganalisis dan mendukung siswa yang memiliki passion di bidangnya melalui Focussing anggaran termasuk angaran untuk guru pembimbing, guru tamu, peralatan, dan lain-lain.
  1. Upskilling dan reskilling atau peningkatan kompetensi guru dan Kesejahteraan guru. Mendaftarkan guru untuk mengikuti berbagai pelatihan di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu mendaftarkan guru untuk mengikuti program guru penggerak sebagai bagian dari SMK PK (Pusat Keunggulan). Peningkatan kesejahteraan dengan mendorong guru agar lulus PPPK dan ASN.

Demikian ulasan singkat mengenai perjalanan karier dan resolusi Kepala SMK Negeri 4 Banjarmasin di tahun 2022 ini. Pak Syafruddin berpesan kepada guru, staf, dan siswa yang menjalankan PTM terbatas ini agar tetap semangat berkarya, bekerja dengan baik sesuai prosedur atau aturan, disiplin, serta tepat waktu. Jangan lupa juga berdoa agar selalu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *