Alamat : JL. Brigjend H. Hasan Basri No.7, Banjarmasin. 70123

logo

Senin - Jum'at

07.30 - 16.15 WITA

logo

0511-3305054

Info@smkn4bjm.sch.id

07:30 - 16.15 WITA

Senin - Jum'at

Workshop IHT Implementasi Pembelajaran Pada Program Sekolah Penggerak SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 4 Banjarmasin Secara Virtual

BANJARMASIN – Di tengah penerapan PPKM oleh pemerintah di kawasan Kota Banjarmasin, tak menurunkan antusiasme para guru SMKN 4 Banjarmasin untuk terus membekali diri. Yakni, dengan menggelar kegiatan In House Training (IHT) Center of Excellence atau Implementasi SMK Pusat Keunggulan. Kegiatan ini digelar secara virtual dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, HM Yusuf Effendi.

Yusuf mengapresiasi SMKN 4 Banjarmasin yang menginisiasi digelarnya agenda virtual tersebut. “Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi para guru pengajar di SMK Negeri 4 Banjarmasin mendapatkan pengetahuan sekaligus informasi tentang penerapan Kurikulum Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak SMK Pusat Keunggulan. Sehingga membentuk keselarasan hubungan (link and match) antara kurikulum yang diterapkan di sekolah dengan dunia usaha atau industry,” ujar Yusuf.
Dengan demikian, para lulusan SMKN 4 Banjarmasin memiliki daya saing dan kemampuan yang mumpuni di bidangnya masing-masing. “Ini penting supaya lulusan SMKN 4 Banjarmasin memiliki hard skills dan soft skills yang baik, sehingga dapat bersaing di dunia kerja, baik di level lokal, nasional, maupun internasional,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Banjarmasin, Syafruddin Noor menuturkan kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Diklat yang telah diikuti oleh beberapa guru perwakilan mata pelajaran, baik normatif, adaptif dan produktif yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, di bawah Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMVP) PPPPTK Bispar. Para peserta diklat ini kemudian disebut guru penggerak Dewan Komite Pembelajaran (DKP). “Digelar selama sepuluh hari, kegiatan ini diisi sesi sinkronus virtual meeting selama 3 sampai 4 jam pelajaran sehari. Kemudian dilanjutkan dengan sesi asinkronus penugasan mandiri melalui LMS platform Google Classroom,” urainya.
“Diharapkan melalui IHT virtual ini, para guru dapat menyiapkan dan menerapkan Kurikulum Paradigma Baru SMK Pusat Keunggulan dengan lebih baik dan optimal. Sehingga, dapat mencetak lulusan SMKN 4 Banjarmasin yang berkualitas, sekaligus siap bersaing di dunia kerja,” tandasnya.(oza)

Comments are closed.