Sosialisasi Pembelajaran Food & Beverage Kepada Siswa-Siswi Kelas XI Jurusan Perhotelan oleh Guru Tamu
3 November 2023 2023-11-04 12:55Sosialisasi Pembelajaran Food & Beverage Kepada Siswa-Siswi Kelas XI Jurusan Perhotelan oleh Guru Tamu

Sosialisasi Pembelajaran Food & Beverage Kepada Siswa-Siswi Kelas XI Jurusan Perhotelan oleh Guru Tamu
Banjarmasin – (3/11/2023). Siswa siswi kelas XI Jurusan Perhotelan pada hari ini mengikuti kegiatan guru tamu yang diadakan di Aula Edotel SMKN 4 Banjarmasin. Kegiatan Guru Tamu dimulai pada pukul 08.00 s.d. 11.00 WITA.
Sosialisasi ini dibawakan oleh Bapak Ari dari Hotel Harper Banjarmasin yang disambut dengan antusias oleh siswa dan siswi serta para guru jurusan perhotelan SMKN 4 Banjarmasin.
Materi yang disampaikan beliau mengenai salah satu mata pelajaran yang ada di jurusan perhotelan yaitu Food & Beverage. Bapak Ari memperkenalkan peralatan apa saja yang ada di Food & Beverage Service seperti beberapa jenis spoon, fork, glass, plate, bowl, knife, tray, dan jenis peralatan lainnya.
Selain itu Bapak Ari juga menyampaikan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) F&B Service yang memiliki peran sangat penting dalam setiap kegiatan, termasuk F&B Service. Kualitas pekerjaan makin meningkat apabila karyawan bekerja sesuai SOP yang berlaku. Sebaliknya, pekerjaan justru menjadi berantakan dan tidak terarah kalau tidak ada SOP di dalamnya. Dunia F&B, khususnya restoran, memiliki SOP yang berbeda dari industri lainnya.
Secara umum, ada tiga jenis SOP yang diterapkan yaitu:
- SOP Penyajian: berisi prosedur penyajian, dimulai dari pengolahan bahan baku, cara memasak, tempat penyimpanan, hingga
- SOP Persiapan Memasak: berisi prosedur mengenai sanitasi dan pencegahan bakteri pada
- SOP Pelayanan: berisi prosedur pelayanan oleh pelayan (waiters) kepada tamu yang datang ke
Khusus untuk tahapan Sequence of Service sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) dalam melayani tamu di restoran yaitu:
- Menyambut Kedatangan Tamu
Melakukan greeting sangat penting dan mendasar dalam dunia perhotelan karen dapat memberikan kesan yang ramah kepada tamu, sehingga tamu merasa dilayani dan nyaman tinggal di hotel.
- Mempersilahkan Tamu untuk Duduk /Seating The
Utamakan tamu yang wanita dan lebih tua. Jangan lupa tawarkan baby chair apabila membawa anak kecil. Sebagai orang hospitality tidak boleh cuek dan acuh kepada tamu karena jasa di industri bergantung bagaimana pelayanan kita terhadap tamu, di mana keramahtamahan menjadi modal utama supaya bisnis hospitality dapat berkembang dengan baik.
- Menyajikan Air untuk Tamu.
- Memberikan Buku Daftar Menu pada Tamu.
- Menyajikan Makanan dan Minuman.
- Tawarkan Menu Dessert.
- Antarkan Bill ke Tamu.
- Ucapkan Terima Kasih saat Pulang.
Ibu Elis selaku guru di mata pelajaran kejuruan Food & Beverage beranggapan bahwa ini adalah hal yang luar biasa menarik dan sangat disyukuri karena beberapa tahun ini sudah melaksanakan kerja sama antara sekolah dengan industri. Harapan beliau agar para siswa dan siswi dapat lebih aktif bertanya, karena ilmu yang didapatkan dari Guru Tamu Industri tidak tentu didapatkan disekolah sehingga ilmunya dapat diterapkan dengan baik.
Pak ari mengatakan beliau sangat senang dan berterima kasih kepada SMKN 4 Banjarmasin yang telah membuat Program Kerja Sama Industri. Selanjutnya, beliau mengatakan akan mengundang siswa siswi Jurusan Perhotelan ke Hotel Harper Banjarmasin untuk penerapan ilmu dari materi yang disampaikan beliau pada hari ini.
Siswi dari XI Perhotelan 2, Putri Yani Rahmawati, turut berpendapat bahwa selama ia mengikuti kegiatan tersebut materi yang disampaikan sangat mudah dipahami, dengan antusias Putri
mengatakan bahwa ia ingin lebih banyak lagi guru tamu yang datang untuk memberikan materi bermanfaat lainnya agar bisa diterapkan ketika berada di Industri nantinya.