Alamat : JL. Brigjend H. Hasan Basri No.7, Banjarmasin. 70123

logo

Senin - Jum'at

07.30 - 16.15 WITA

logo

0511-3305054

Info@smkn4bjm.sch.id

07:30 - 16.15 WITA

Senin - Jum'at

LAUNCHING TEACHING FACTORY CAFÉ AND BAKERY SMKN 4 BANJARMASIN

SMKN 4 BANJARMASIN resmi memiliki TEFA CAFÉ AND BAKERY yang dilaunching pada tgl 28 Februari 2019 dan langsung diresmikan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs.H.M.Yusuf Effendi.

CAFÉ AND BAKERY sebagai perwujudan TEFA,dengan tujuan untuk meningkatkan keahlian siswa terutama jurusan Tata Boga sebagai tempat praktik dan memasarkan produk hasil praktik siswa.Pelaksanaan TEFA untuk meningkatkan kompetensi dan jiwa kewirausahaan siswa SMKN 4 Banjarmasin terutama jurusan Tata Boga.

Salah satu upaya yang dilaksanakan Direktur  Jenderal PSMK untuk mencapai Visi mewujudkan SMK yang dapat menghasilkan tamatan yang berjiwa wirausaha yang siap kerja,cerdas,kompetetif,dan memilikI jati diri bangsa serta mampu mengembangkan keunggulan local dan dapat bersaing di pasar Global ialah dengan membuat program TEACHING FACTORY (TEFA) dapat dilaksanakan disemua program keahlian yang ada di SMK.

TEFA dapat berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi siswa dengan cara:

1. Menugaskan 1 siswa 1 media pada saat praktik.

2. Mengkondisikan praktik yang dilakukan siswa supaya mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

3. Menerapkan standar sesuai dengan yang ada diindustri dalam setiap praktek yang dijalani siswa.

4. Memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada siswa untuk mempraktikan keterampilan  yang dimiliki dalam kegiatan TEFA.

Selain itu juga TEFA dapat berkontribusi dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa dengan melibatkan siswa secara langsung dalam keseluruhan proses usaha mulai dari perencanaan,produksi dan pemasaran.

Kata kunci: TEFA – Kompetensi dan kewirausahaan

Selain itu ,siswa yang memiliki kompetensi yang baik juga diberi kesempatan untuk mengerjakan order yang didapatkan oleh sekolah dengan system penunjukan.Dengan demikian siswa mendaptkan kesempatan yang lebih banyak,maka pengalaman dan kompetensi siswa semakin meningkat.

Jadi dengan menerapkan model pembeljaran sekolah berbasis produksi yang dilakukan dengan konsekwensi dan komitmen yang tinggi diharapkan SMKN 4 Banjarmasin mampu menghasilkan lulusan yang selalu habis diserap oleh industry.Bahkan industry yang menginginkan karyawan yang berasal dari alumni SMKN 4 banjarmasin,juga yang mampu berwirausaha untuk membuka peluang usaha dan menyerap tenaga kerja.

Comments are closed.