Alamat : JL. Brigjend H. Hasan Basri No.7, Banjarmasin. 70123

logo

Senin - Jum'at

07.30 - 16.15 WITA

logo

0511-3305054

Info@smkn4bjm.sch.id

07:30 - 16.15 WITA

Senin - Jum'at

Guru SMKN 4 Banjarmasin Tingkatkan Kompetensi Sampai ke Luar Negeri

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan melakukan pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja, dan untuk memberikan wawasan kepada pendidik dan tenaga kependidikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan di luar negeri dengan memberangkatkan 1.200 guru mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA/SMK. Sedikitnya 12 negara menjadi tujuan dalam menimba ilmu, diantaranya Finlandi, Australia, India, Korea, Jerman, Jepang, Prancis, Singapura, China, Rumania, dan Hongkong.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengemukakan, pengiriman 1200 guru ke luar negeri ini merupakan agenda rutin dalam meningkatkan kinerja pendidikan di Indonesia untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

“Mereka dikirim ke sejumlah negara selama tiga minggu,” ujar Menteri Muhadjir usai melepas 1.200 guru ke luar negeri di Kantor Kemendikbud, Rabu (27/2).

Dari 1.200 guru yang dikirim mengikuti pelatihan di Luar Negeri adalah 2 orang Guru SMK Negeri 4 Banjarmasin yang mengikuti Vocational Teacher Training dengan 2 tempat yang berbeda yaitu Eka Lisdyawaty, S.Pd (Tata Busana) di China dan Desy Hairina, S.Pd (Tata Kecantikan) di Jepang.

Menurut Erika Yolanda, Humas SMKN 4 Banjarmasin, “Peluang pelatihan ini sangat dinantikan oleh Guru-guru SMKN 4 Banjarmasin. Tidak hanya untuk peningkatan kompetensi guru sesuai dengan bidangnya masing-masing tentunya merupakan upaya dalam menambah pengalaman dalam sistem pembelajaran sehingga Guru SMK mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan sesuai dengan kebutuhan industri”.

Comments are closed.