Alamat : JL. Brigjend H. Hasan Basri No.7, Banjarmasin. 70123

logo

Senin - Jum'at

07.30 - 16.15 WITA

logo

0511-3305054

Info@smkn4bjm.sch.id

07:30 - 16.15 WITA

Senin - Jum'at

Sosialisasikan Tugas DPD Melalui Seni dan Budaya

BANJARMASIN, klikkalsel – Kalimantan Selatan punya beragam seni, budaya, musik, serta makanan khas. Keragaman itu bisa menjadi jembatan menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam upaya melestarikan keragaman itu, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan sosialisasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Banjarmasin, Senin (13/8/2018).

Kegiatan sosialisasi yang digagas anggota DPD RI utusan Kalsel, Drs H Muhammad Sofwat Hadi ini juga bertujuan untuk mendekatkan diri antara pemerintah dan masyarakat, dengan menyentuh nilai seni dan budaya.

Anggota DPD RI 3 periode itu mengatakan kegiatan sosialisasi melalui kesenian dan kebudayaan daerah ini menjadi pemicu awal untuk para generasi muda terutama murid di SMK 4 Banjarmasin melestarikan budaya daerahnya.

“Sosialisasi ini sebagai langkah awal untuk mempelajari seni budaya khas Kalsel. Setelah kami tampilkan, mereka para murid bisa memperdalam ilmu ini dengan membaca buku terkait budaya daerah,” terangnya laki laki kelahiran 10 Juli 1950 ini.

Bukan begitu saja, pria yang akrab disapa Ofat ini menerangkan bahwa DPD juga punya peran yang sama yaitu sebagai jembatan aspirasi masyarakat kepada pemerintah pusat maupun daerah.

Maka dari itu, menurutnya, dengan kehadiran dirinya di SMK 4 Banjarmasin ini generasi muda bisa lebih paham tentang sistem ketatanegaraan Indonesia untuk tujuan kesejahteraan bersama.

“Sosialisasi ini sangatlah penting agar masyarakat paham fungsi dan peran DPD untuk tujuan kesejahteraan bersama,” kata peringkat kedua dengan perolehan 105.864 suara pada Pileg DPD Provinsi Kalsel lalu.

Ofat yang menjabat sebagai komite bidang anggaran mengatakan akan memperjuangkan dana transfer dari pemerintah pusat untuk Kalsel untuk bisa bertambah melalui APBD.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 4 Banjarmasin, Syafrudin Noor mengatakan sangat bersyukur dengan kedatangan Sofwat Hadi ke sekolah yang memiliki 7 kejuruan tersebut.

“Saya sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini. Selain pembinaan kemurid, juga meningkatkan pengetahuan generasi muda,” jelasnya.

Adapun acara yang disajikan disana, antara lain tarian tradisional, 41 macam kuliner banjar serta lagu khas Banjar dengan diiringi musik tradisional. (baha)

Editor : Elo Syarif

 

sumber : https://klikkalsel.com/sosialisasikan-tugas-dpd-melalui-seni-dan-budaya/

Comments are closed.